Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu

Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu.
Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu
Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu. Bagaimana gunung terbentuk?

Pegunungan dibentuk oleh gerakan lambat tapi raksasa kerak bumi (lapisan luar Bumi).

Kerak bumi terdiri dari 6 lempengan besar yang disebut piring, yang cocok bersama-sama seperti puzzle. Ketika dua lempengan menghancurkan kerak bumi saling tanah dapat didorong ke atas, membentuk pegunungan. Banyak dari pegunungan terbesar dunia telah terbentuk karena tabrakan besar antara benua.
Tahukah Anda?
Gempa bumi terjadi ketika dua pelat mendorong melewati satu penyebab lain patah tulang di kerak bumi.

Pegunungan terbentuk dengan cara yang berbeda

Kadang-kadang kerak telah dilipat dan lemas, kadang-kadang menerobos masuk ke dalam blok besar. Dalam kedua kasus, daerah besar lahan diangkat ke atas ke pegunungan bentuk. Gunung-gunung lainnya yang dibentuk oleh kerak bumi naik ke kubah, atau oleh aktivitas gunung berapi ketika kerak retak terbuka.

Jenis apa dari Pegunungan yang ada?

Ada lima jenis dasar gunung:

Lipat Mountains (Pegunungan Dilipat)
Kesalahan-blok Mountains (Pegunungan Block)
Dome Pegunungan
Vulkanik Gunung
Plateau Pegunungan

Berbagai jenis nama gunung tidak hanya membedakan karakteristik fisik dari pegunungan, tetapi juga bagaimana mereka terbentuk.

icon Lipat Pegunungan

Lipat pegunungan adalah jenis yang paling umum dari gunung. Rentang terbesar di dunia gunung gunung lipat. Kisaran ini telah terbentuk selama jutaan tahun.

Lipat pegunungan yang terbentuk ketika dua pelat bertabrakan kepala, dan ujung-ujungnya runtuh, banyak cara yang sama sebagai bagian dari lipatan kertas ketika bersama-sama.

Lipatan atas dikenal sebagai anticlines, dan lipatan bawah adalah synclines.

Contoh gunung lipat meliputi:

Himalaya Pegunungan di Asia
Alpen di Eropa
Andes di Amerika Selatan
Rockies di Amerika Utara
Ural di Rusia

Pegunungan Himalaya terbentuk ketika India menabrak Asia dan mendorong pegunungan tertinggi di benua.

Di Amerika Selatan, Pegunungan Andes terbentuk oleh benturan antara lempeng benua Amerika Selatan dan kelautan
Pacific plate.

Tahukah Anda?
Dua Pelat tektonik bertemu di sepanjang Pegunungan Alpen Selatan. Ini disebut garis patahan. Alpen Selatan terus berubah karena Lempeng Pasifik sedang didorong di bawah Lempeng Australia dan yang menyebabkan Alpen untuk bangkit.

icon Fault-blok Pegunungan

Gunung-gunung terbentuk ketika kesalahan atau celah di kerak bumi memaksa beberapa bahan atau blok batu ke atas dan orang lain.

Alih-alih bumi lipat lebih, kerak bumi patah tulang (menarik terpisah). Ini memecah menjadi balok atau potongan. Kadang-kadang blok batuan bergerak ke atas dan ke bawah, karena mereka bergerak terpisah dan blok akhir batu yang ditumpuk di atas satu sama lain.

Seringkali kesalahan-blok gunung memiliki sisi depan curam dan sisi belakang miring.

Contoh kesalahan-blok gunung meliputi:

pegunungan Sierra Nevada di Amerika Utara
Harz Mountains di Jerman

icon Dome Pegunungan

Pegunungan Dome adalah hasil dari sejumlah besar batu meleleh (magma) mendorong jalan di bawah kerak bumi. Tanpa benar-benar meletus ke permukaan, magma mendorong up overlay lapisan batuan. Pada titik tertentu, magma mendingin dan mengeras membentuk batu. Daerah terangkat diciptakan oleh magma naik disebut kubah karena tampak seperti bagian atas bola (ball). Lapisan batuan di atas magma mengeras yang melengkung ke atas untuk membentuk kubah. Tapi lapisan batu dari daerah sekitarnya tetap datar.

Seperti kubah lebih tinggi dari sekitarnya, erosi oleh angin dan hujan terjadi dari atas. Ini
menghasilkan pegunungan melingkar. Kubah yang telah aus di tempat membentuk banyak
puncak terpisah yang disebut Pegunungan Dome.

icon Vulkanik Gunung

Seperti namanya, gunung berapi terbentuk oleh gunung berapi.

Pegunungan vulkanik terbentuk ketika batuan cair (magma) jauh di dalam bumi, meletus, dan tumpukan pada permukaan. Magna disebut lava ketika menerobos kerak bumi. Ketika abu dan lava mendingin, ia membangun kerucut batu. Rock and lava menumpuk, lapisan di atas lapisan.

Contoh gunung berapi meliputi:

Gunung St Helens di Amerika Utara
Gunung Pinatubo di Filipina
Gunung Kea dan Gunung Loa di Hawaii

Cari tahu lebih lanjut tentang gunung berapi

iconPlateau Mountains (Pegunungan Erosi)

Pegunungan dataran tinggi tidak terbentuk oleh aktivitas internal. Sebaliknya, gunung-gunung terbentuk oleh erosi. Dataran tinggi adalah daerah datar besar yang telah mendorong di atas permukaan laut dengan kekuatan di dalam bumi, atau telah dibentuk oleh lapisan lava. Kamus menjelaskan daerah-daerah yang besar 'tingkat tinggi' dari tanah datar, lebih dari 600 meter di atas
permukaan laut.

Pegunungan dataran tinggi sering ditemukan di dekat pegunungan dilipat. Seperti tahun-tahun berlalu, sungai dan sungai mengikis lembah melalui dataran tinggi, meninggalkan gunung berdiri di antara lembah-lembah.

Gunung-gunung di Selandia Baru adalah contoh dari dataran tinggi pegunungan Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu.
Anda sedang membaca Artikel tentang Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu dan Anda bisa menemukan Artikel Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu ini dengan URL http://topirimba.blogspot.com/2013/03/tipe-gunung-yang-harus-kamu-tahu.html, Terimakasih Telah membaca Artikel Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu Anda boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste nya jika Artikel Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu ini sangat bermanfaat bagi anda, Namun jangan lupa untuk meletakkan Link Tipe Gunung yang Harus Kamu Tahu sebagai Sumbernya.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar